cover
Contact Name
Aldila Wanda Nugraha
Contact Email
aldilanugraha89@gmail.com
Phone
+6281249651421
Journal Mail Official
aldilanugraha89@gmail.com
Editorial Address
Universitas Bhinneka PGRI Jl. Mayor Sujadi Timur. No.24, Plosokandang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kode pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
ISSN : -     EISSN : 27209458     DOI : doi.org/10.29100
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan Juli).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019)" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 9 SUBTEMA 1 TENTANG MATERI BERDASARKAN KOMPOSISI PENYUSUNNYA SISWA KELAS V SDN 2 SURODAKAN,TRENGGALEK Mey Rahayuningsih
EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/eduproxima.v1i2.1113

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa dengan pembelajaran yang dilakukan guru dan minimnya interaksi siswa dengan siswa yang lain. Permasalahan tersebut terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Surodakan yang berdampak pada hasil belajar kognitif siswa pada bahasan Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 mengenai materi berdasarkan komposisi penyusunnya. Tindakan yang dapat mengurangi permasalahan tersebut dengan memadukan model pembelajaran jigsaw berbantu media flashcard yang mana dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 15 dengan penskoran menjawab benar = 1 dan menjawab salah = 0. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y diketahui dengan menghitung data hasil posttest menggunakan Independent Sample T Test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw berbantu media flashcard terhadap hasil belajar kognitif Tema 9 Subtema 1 tentang Materi Berdasarkan Komposisi Penyusunnya. Terbukti dari hasil uji t yaitu thitung ttabel yaitu 2,669 2,0129 dan nilai signifikansi 0,05 yaitu 0,01 0,05. Jadi, hasil data tersebut menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: flashcard, hasil belajar kognitif, model jigsaw
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 GONDOSULI Heru Budi Prasetiyo
EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Abstract

Media pembelajaran dan hasil belajar merupakan bagian yang saling terkait dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu media pembelajaran. Hasil belajar akan meningkat bila guru dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran buku pop-up. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar IPA.Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi  dan sample penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel media pembelajaran kemudian menggunakan tes untuk variabel hasil belajar. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas IV SDN 1 Gondosuli sangat signifikaan. Dengan hasil    yaitu 2.277 2.021 dan niali Sig.(2-tailed) 0,05 yaitu 0,035 0,05. Kata Kunci: Buku Pop-up, Hasil belajar IPA, Media
PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN MELALUI METODE SKRIP KOOPERATIF SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 PONGGOK KABUPATEN BLITAR Imam Basori
EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/eduproxima.v1i2.1110

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama antar siwa dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran kooperatif sangat berkaitan dengan konsep-konsep yang rumit dan strategi kognitif, serta bersifat analisis sintesisi yang mengacu pada pemecahan masalah. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian kelas XII IPA 1 .Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan postes. Penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia. Hal ini dapat dibuktikan dengan Jumlah siswa yang tidak tuntas pada sikkus 1 sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan 77,5 % sedang pada sijlus 2 jumlah siswa yang tidak tntas sebanyak 4 siswa dengan persentase ketuntasan 90% sedang pada sijlus 3 jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase ketuntasan 97 % Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada materi Sifat Koligatif Larutan di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif  dapat dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Kata kunci: Pembelajaran Skrip Kooperatif  , Minat Siswa, hasil belajar.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 9 SUBTEMA 2 MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS IV DI SDN PAKEL INFIRUL AZIZAH
EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/eduproxima.v1i2.1111

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh permasalahan yan terjadi pada siswa SDN Pakel saat kegiatan pembelajaran banyak yang tidak memperhatikan guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa sangat rendah yaitu  mendapatkan nilai di bawah KKM 65. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan media papan flanel.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar kognitif siswa pada tema 9 subetma 2 materi energi dan perubahannya kelas IV. Metode penelitian yaitu kuantitatif dan jenis desain quasy eksperimental design.Alat pengumpulan data digunakan tes dan wawancara.Tes diuji cobakan kemudian diuji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis (Independent Samples Test) diperoleh nilai thitung = 2,818, nilai ttabel  = 2,086, karena thitungttabel  yaitu 2,818 › 2,086 dengan signifikasi 0,008 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik. Nilai rata-rata kelas kontrolpretest 80 dan posttest 81,4, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 75,6 dan posttest kelas eksperimen 85,5, bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran interaktif dengan media papan flanel terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Pakel Trenggalek pada tema 9 subtema 2 materi macam-macam energi dan perubahannya. Kata Kunci :hasil belajar, papan flanel, strategi interaktif.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 GONDANG JUWITA GUMILANG
EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/eduproxima.v1i2.1112

Abstract

Siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas kurang kondusif dan banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif ini disebabkan karena beberapa factor yaitu media pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga diharapkan dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Data yang terkumpul menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian ini menggunakan uji T dengan ketentuan hasil  yaitu 4.091 2.021 dan nilai Sig.(2-tailed) 0.05 yaitu 0.000 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang. Media monopoli dapat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan motivasi peserta didik untuk belajar, mengasah kemampuan pemahaman konsep. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, media, monopoli,

Page 1 of 1 | Total Record : 5